Waktu Yang Pas Untuk Mengenal Pendidikan Seks Ke Anak

Waktu Yang Pas Untuk Mengenal Pendidikan Seks Ke Anak

Bisakah kita bicara tentang seksualitas dengan anak-anak prasekolah? Tentu kamu bisa. Anak-anak prasekolah tidak terlalu muda untuk berbicara tentang seksualitas. Padahal, usia ini adalah usia yang tepat untuk membahas masalah seksualitas. Anak-anak berusia tiga atau empat tahun mulai menyadari bahwa ada perbedaan antara pria dan wanita. Mereka juga sering ingin tahu tentang tubuh mereka sendiri dan tubuh orang dewasa. Pada usia ini, anak-anak biasanya sering bertanya tentang karakteristik fisik. Misalnya, pertanyaan tentang dari mana bayi berasal.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua?

Sudahkah Anda menjawab pertanyaan tentang seksualitas yang ditanyakan anak Anda? Pada usia ini, yang perlu Anda pahami adalah bahwa gagasan seksualitas di kepala anak-anak sangat berbeda dari apa yang ada di kepala orang dewasa. Pada anak-anak, diskusi tentang seksualitas bukanlah masalah kenikmatan seksual, melainkan bagaimana memahami diri sendiri, membangun persahabatan, dan menyukai satu sama lain. Pada usia prasekolah, anak-anak menggantikan cinta sebagai perasaan cinta ketika sering bersama.

Baca Juga : Tips Mengajarkan Pendidikan Seks ke Anak Usia Dini

Sebagai orang tua, kitalah yang harus menyediakan ruang bagi mereka untuk membahas masalah ini. Dengan memberi mereka ruang, anak-anak dapat mengenal tubuh dan perasaan mereka dengan cara yang lebih menyenangkan. Jawab pertanyaan mereka tentang cinta dan seks. Berikan informasi yang baik dan berikan respons yang sederhana. Buat mereka merasa nyaman menanyakan sesuatu kepada Anda dan jangan pamer bahwa berbicara tentang seksualitas itu memalukan.

Anak-anak prasekolah sangat sensitif terhadap informasi apa pun yang kami berikan. Terlebih lagi, mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Manfaatkan momen-momen ini untuk memulai pendidikan seks dengan mereka. Jangan khawatir jika Anda terlalu banyak bicara karena anak-anak biasanya hanya mengingat apa yang dapat mereka pahami.

Kiat Membahas dengan Anak-anak tentang Seksualitas?

  1. Tanamkan pada anak-anak bahwa mereka selalu bisa mendatangi Anda ketika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.
  2. Berikan informasi yang baik dan jelas kepada anak-anak dalam bahasa anak-anak.
  3. Biasakan mereka bahwa bercerita tentang seksualitas bukanlah sesuatu yang memalukan.

Bagi banyak orang tua, membicarakan seksualitas kepada anak-anak masih dianggap tabu. Banyak orangtua salah mengartikan seks. Mereka hanya menganggap bahwa seks hanya tentang ciuman dan hubungan intim. Padahal, seksualitas sangat luas. Selain masalah hubungan, seks juga terkait dengan perasaan, perbedaan tubuh, pria dan wanita, serta sentuhan baik atau buruk. Semua itu harus mulai diajarkan sejak usia dini.