Tips Cegah Psikosomatik Masa Pandemi Covid-19

Tips Cegah Psikosomatik Masa Pandemi Covid-19

Rasa khawatir berlebih dan ditambah dengan kondisi jenuh hingga menimbulkan stres parah akibat pandemi virus Corona bisa membuat seseorang mengalami kondisi psikosomatik.

Tidak sedikit yang merasa khawatir dari semakin masifnya wabah virus Corona atau Covid-19. Ditambah lagi dengan himbauan untuk melakukan aktivitas dari rumah, yang membuat sebagain besar orang merasa jenuh hingga timbul rasa stres akibat tidak bisa bersosialisasi seperti biasanya.

Tentunya, hal tersebut bisa menimbulkan masalah psikis yang berujung pada sakit fisik. Stres yang parah bisa membuat seseorang mengalami kondisi psikosomatik. Psikosomatik adalah penyakit fisik yang biasa diperparah karena stres, marah, cemas atau rasa sedih.

Psikosomatik bisa memicu munculnya beberapa gejala sakit fisik, seperti sakit perut, sakit punggung bagian belakang, sakit gigi, sakit kepala, bernapas dengan cepat, jantung berdebar, tremor (gemetar), hingga berkeringat. Menurut akun Instagram Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), berikut ini tips mencegah psikosomatit di tengah pandemi Covid-19.

Gunakan waktu luang dengan melakukan hal bermanfaat

Lakukan hal lain selain browsing tentang virus Corona, misalnya dengan melakikan hobi yang menyenangkan seperti karaoke, nonton film, main game, dan lain sebaginya. Namun, mengingat pandemi juga berlangsung di bulan Ramadhan, isi juga kegiatan dengan hal-hal yang berbau keagamaan, seperti beribadah, hingga mengikuti kajian daring. 

Jaga imunitas tubuh

Meskipun tengah menjalani masa karantina, tubuh harus tetap fit dan bugar dengan melakukan olahraga sederhana dengan teratur dan ditambah mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Tentunya dengan pola hidup sehat, menjaga kebersihan, dan menajeman waktu yang baik bisa menjaga imunitas tubuh.

Tetap otimis pandemi Covid-19 bisa diakhiri

Walaupun menimbulkan rasa khawatir hingga stres, namun harus tetap berpikir positif dan selalu optimis jika pandemi Covid-19 akan segera berlalu dengan mematuhi segala instruksi pemerintah dan organisasi kesehatan. Harus bersatu melawan Corona.

Batasi waktu dalam menrima informasi soal Covid-19

Batasi waktu dalam menerima informasi soal virus Corona dan manfaatkan dengan mengerjakan hal-hal lain yang jauh dari persoalan tentang hal terserbut. Berikan waktu, misalnya sekitar satu jam untuk melakukan pekerjaan lain yang bermanfaat.