5 Tips Untuk Agar Anda Terhindar Dari Hutang  

5 Tips Untuk Agar Anda Terhindar Dari Hutang   

Hutang memang sesering mungkin untuk dihindari. Karena utang adalah beban yang dapat membuat kondisi keuangan jadi kacau balau. Terutama jika Anda menggunakan hutang ini untuk tujuan yang tidak produktif, maka itu akan membuat beban Anda semakin besar dan pada akhirnya memperburuk situasi. Karena itu, sebisa mungkin hindari hutang. Tetapi bagaimana Anda bisa menghindari hutang? Cukup terapkan 5 cara efektif berikut ini.

Tidak Mengikuti Keinginan

Cara pertama untuk menghindari hutang adalah dengan tidak selalu mengikuti keinginan Anda. Keinginan memang merupakan sumber bagaimana uang bisa keluar dalam jumlah besar. Ini karena keinginan itu tidak terbatas sehingga akan selalu ada dan muncul keinginan dalam diri seseorang. Mematuhi hasrat adalah seperti Anda mengikuti hasrat yang dapat menuntun Anda ke kemerosotan finansial. Karena itu cobalah untuk menahan diri dari segala bentuk keinginan dan nafsu. Daripada selalu menuruti nafsu, Anda harus fokus pada kebutuhan. Kebutuhan memang sesuatu yang mendesak atau sangat penting untuk dipenuhi daripada keinginan. Dari metode ini, jika Anda memiliki sisa uang dari penghasilan Anda nanti, Anda bisa menabung. Dari sini Anda dapat menghindari hutang.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Gaji Yang Habis Sebelum Waktunya

Simpan Pengeluaran pada Batas Minimum

Bagi mereka yang penghasilannya biasa-biasa saja, maka Anda benar-benar ingin harus mengencangkan ikat pinggang Anda untuk dapat menghindari utang. Anda harus mengelola keuangan Anda dengan sangat hati-hati sehingga pengeluaran bulanan tidak melebihi jumlah penghasilan. Karena jika pengeluaran Anda melebihi penghasilan, Anda akan dipaksa berhutang. Untuk mengelola keuangan dengan meminimalkan pengeluaran ini bisa sulit. Tetapi metode ini memang menjadi pengorbanan yang mau tidak mau Anda lakukan untuk bisa menghindari hutang.

Hati-hati Sebelum Melakukan Pembelian Besar

Selanjutnya, cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari utang adalah dengan melakukan riset sebelum melakukan pembelian dalam jumlah besar. Pembelian dengan jumlah besar atau angka tentu akan menyedot keuangan. Sekarang dari sini, orang-orang yang sering berbelanja dengan jumlah uang yang besar akan lebih cenderung berutang. Karena itu untuk menghindari hal ini, para ahli keuangan mengatakan bahwa Anda perlu menunda atau menunggu sebelum membeli barang-barang mahal. Tunggu setidaknya 1 x 24 jam untuk mengambil keputusan. Sebab, biasanya beberapa pembelian yang dilakukan oleh seseorang seringkali didasarkan pada keinginan atau nafsu. Ketika Anda menunda atau menunggu pembelian ini lakukan refleksi dan tanyakan pada diri Anda apakah barang yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan? Apakah setelah membelinya keuangan Anda masih bisa stabil? Jika jawabannya tidak, lebih baik membatalkan niat beli Anda untuk menghindari utang.

 

 

 

Prioritaskan Uang Tunai Daripada Kredit

Metode pembayaran yang Anda gunakan memang bisa membuat risiko utang. Seperti misalnya Anda menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit, maka di sini Anda harus berutang dan melunasinya selama periode penagihan. Jangan lupa bahwa ada hal buruk lain yang harus Anda terima saat berbelanja dengan kartu kredit, yaitu bunga tinggi. Jadi, alih-alih menggunakan kartu kredit, ahli keuangan menyarankan Anda menggunakan uang tunai atau uang tunai saja. Selain bisa menghindarkan Anda dari hutang dan bunga tinggi, berbelanja dengan uang tunai juga membuat Anda terhindar dari pemborosan. Ketika Anda pergi ke mal, cukup bawa uang yang cukup dan jangan membawa kartu kredit. Dari sini Anda akan menghindari pemborosan karena pengeluaran Anda dibatasi oleh uang tunai yang Anda bawa.

Hindari gengsi dan Lihatlah Orang di Bawah Anda

cara menghindari hutang adalah dengan menghindari gengsi dan melihat orang-orang di bawah kita. Prestise memang racun dalam kehidupan yang bisa membuat siapa pun berhutang. Karena dengan prestise mereka, mereka akan selalu terdorong untuk hidup dalam kemewahan. Orang yang hidupnya selalu terpengaruh gengsi memang akan mudah terpengaruh ketika melihat orang lain memiliki barang mewah. Dari sini mereka juga memiliki potensi untuk berutang untuk memiliki barang mewah. Hal lain yang sering membuat orang berhutang adalah pandangan hidup mereka yang selalu melihat orang di atas mereka yang lebih kaya. Jadi untuk dapat menghindari hutang, Anda harus menghilangkan gengsi dan juga mengubah pandangan Anda untuk melihat orang-orang yang ada di bawah Anda.