5 Kebudayaan Indonesia Yang Diakui Dunia  

5 Kebudayaan Indonesia Yang Diakui Dunia   

Indonesia memiliki beragam budaya yang begitu menakjubkan dan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing. Budaya asli Indonesia tidak jarang begitu digandrungi oleh wisatawan asing, hingga saat itu tertarik untuk belajar dan menyebarkannya di negara asal mereka. Selain itu, pemerintah kami juga terus secara aktif melakukan berbagai kegiatan untuk mempromosikan budaya Indonesia di seluruh dunia. Akibatnya, beberapa peninggalan kepulauan Indonesia kini memiliki reputasi global yang membanggakan. Di sini kami menyajikan daftar budaya asli yang terkenal di mancanegara.

  1. Keris

Pada 25 November 2015, UNESCO mengakui keris sebagai 'Karya Agung Warisan Lisan dan Takbenda Kemanusiaan'. Keris itu sendiri adalah senjata tradisional Indonesia, yang juga sering dikaitkan dengan kekuatan mistis. Bahan untuk membuat keris bukanlah sembarangan. Menurut beberapa sumber, senjata tajam yang telah digunakan sejak abad ke-9 mengandung titanium dan juga menggunakan bahan logam dari meteorit. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang keris, Anda dapat mengunjungi Museum Keris di Surakarta, Jawa Tengah. Tempat ini baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Agustus 2017.

  1. Angklung

Sekali lagi, budaya Indonesia mendapat pengakuan dari UNESCO. Pada 19 Januari 2011, angklung dinobatkan sebagai bagian dari Warisan Dunia. Pemerintah Indonesia juga menerima sertifikat khusus untuk ini. Ini secara perlahan membuat popularitas angklung semakin meningkat. Alat-alat musik Jawa Barat yang dimainkan dengan cara ini telah dilaporkan diajarkan kepada anak-anak di Korea Selatan, Jepang dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, tempat angklung yang cukup terkenal adalah di Saung Angklung Udjo. Terletak di Bandung, tepatnya di Jalan Padasuka, Pasirlayung, Cibeunying Kidul.

  1. Wayang

Seni wayang telah mulai dimasukkan sebagai bagian dari warisan budaya dunia UNESCO sejak tahun 2003. Banyak turis asing tertarik untuk mempelajari dunia boneka selama kunjungan mereka ke Indonesia. Pemerintah Indonesia juga tanpa henti berupaya mempromosikan wayang ke luar negeri. Kedutaan Besar Indonesia di Canberra, Australia, misalnya, hampir secara rutin mengadakan pertunjukan wayang setiap tahun dan selalu mendapat sambutan hangat dari warga Tanah Kanguru.

  1. Batik

Warga negara Indonesia senang pada Oktober 2009. UNESCO secara resmi mengakui batik sebagai bagian dari Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan. Ini membuat popularitas batik menjadi lebih tinggi. Pemerintah juga sepakat untuk menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Batik kini telah menjadi salah satu oleh-oleh populer untuk wisatawan asing. Bahkan Presiden Jokowi juga mengundang Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, untuk berbelanja batik di Bogor Trade Mall pada November 2017.

  1. Gamelan

Gamelan mungkin semakin tidak populer di kalangan anak muda di Indonesia, tetapi ini tidak terjadi di luar negeri. Ketertarikan pada alat musik tradisional Jawa dan Bali bahkan lebih besar di luar nusantara. Di Sekolah Musik Selandia Baru misalnya, gamelan telah menjadi bagian dari kurikulum permanen. Sementara di Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura, sudah mulai ada sejumlah lembaga pendidikan yang mengajarkan dasar-dasar gamelan kepada siswa mereka, meskipun mereka tidak dibuat menjadi kurikulum khusus. Museum Musik Nasional di Vermillion, South Dakota, Amerika Serikat, bahkan menampilkan seperangkat gamelan di salah satu sudut ruang pamer. Alat musik tradisional ini dipadukan dengan rapi dengan alat musik Indonesia lainnya seperti rebana dan seruling. Ternyata budaya Indonesia benar-benar luar biasa ya? Setelah membaca ulasan di atas, tentu tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak bangga dengan negara kita sendiri.